Keanehan Iblis Menurut Syekh Abdul Karim Al-Jili
الإنسان الكامل، الجزء ٢ الصحفة ٢٦٤
وقوله تعالى لإبليس: "وأن عليك لعنتي إلى يوم الدين". أي لا على غيرك، لأن الحروف الجارة والناصبة إذا تقدمت أفادت الحصر، كقولهم على زيد الدرهم؛ أي لا على غيره، و كقوله تعالى: "إياك نعبد وإياك نستعين". ( آية 5 سورة الفاتحة.). أي لا غيرك نعبد ولا نستعين، فلم يلعن الحق أحدا إلا إبليس، وما ورد من اللعنة على الظالمين والفاسقين وغيرهم، فكل ذلك بطريق الاتباع له. فاللعنة بطريق الأصالة على إبليس وبطريق التفريع على غيره.
Dan firman Allah SWT kepada Iblis: "Dan atas kamu kutukan-Ku sampai Hari Kiamat ." Artinya, tidak atas orang lain selainmu, karena huruf jar dan nasab jika didahulukan menunjukkan penekanan Al-Hasru (ringkas) seperti kata mereka "atas Zaid dirhamnya"; artinya tidak atas orang lain selainnya, dan seperti firman Allah SWT: "Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan." (QS. Al-Fatihah: 5). Artinya, tidak ada yang kami sembah dan mohon pertolongan selain Engkau. Maka Allah SWT tidak melaknat siapa pun kecuali Iblis. Dan apa yang disebutkan tentang laknat atas para penzalim, orang fasik, dan lainnya, semua itu dengan cara mengikuti Iblis. Jadi, laknat secara langsung (أصالة) ditujukan kepada Iblis dan laknat secara tidak langsung (تفريع) ditujukan kepada orang lain.
وقوله: " إلى يوم الدين " حصر، فإذا انقضى يوم الدين فلا لعنة عليه، لارتفاع حكم الظلمة الطبيعية في يوم الدين. وقد مضى تفسير يوم الدين في الباب الموفي أربعين من الكتاب.
فلا يلعن إبليس أي لا يطرده عن الحضرة إلا قبل يوم الدين لأجل ما يقتضيه أصله، وهي الموانع الطبيعية التي تمنع الروح عن التحقق بالحقائق الإلهية. وأما بعد ذلك فإن الطبائع تكون لها من جملة الكمالات، فلا لعنة بل قرب محض فحينئذ يرجع إبليس إلى ما كان عليه عند الله من القرب الإلهي وذلك بعد زوال جهنم. لأن كل شيء خلقه الله لا بد أن يرجع إلى ما كان عليه، هذا أصل مقطوع به فافهم.
Dan firman-Nya: "Sampai Hari Kiamat" adalah penekanan (حصر) . Jadi, jika Hari Kiamat telah tiba, tidak ada laknat atas Iblis, karena hukum kegelapan alami telah sirna pada Hari Kiamat. Penjelasan tentang Hari Kiamat telah disebutkan dalam bab ke-40 dari kitab ini. Maka Iblis tidak dilaknat, artinya tidak diusir dari hadirat Allah SWT kecuali sebelum Hari Kiamat, karena apa yang disyaratkan oleh asalnya, yaitu rintangan alami yang menghalangi ruh untuk mencapai kebenaran ilahi. Adapun setelah itu, maka alam akan memiliki bagian dari kesempurnaan, tidak ada laknat, tetapi hanya kedekatan murni. Maka saat itu Iblis akan kembali ke tempatnya semula di sisi Allah SWT, yaitu setelah kehancuran neraka. Karena semua yang diciptakan Allah SWT pasti akan kembali ke asalnya, ini adalah prinsip yang pasti. Maka pahamilah.
Komentar
Posting Komentar