ZAKAT FITHRAHNYA PARA PERANTAU

ZAKAT FITHRAHNYA PARA PERANTAU

 :
Bagi para Perantau zakat Fithrahnya di tunaikan di tempat ia kerja atau di kampung halamannya ?

Jawaban :

Dalam masalah tersebut di perinci sebagaimana berikut :

✔️Jika di saat malam hari Raya (maghribnya malam lebaran) ia berada di tempat kerja (tempat perantauan) maka zakat Fithrahnya wajib di keluarkan di tempat tersebut (tempat ia bekerja)

✔️Namun apabila di malam hari Raya (maghribnya malam lebaran) ia berada di kampung halamannya maka zakat Fithrahnya wajib di tunaikan di tempat tersebut (kampung halaman)

✔️Namun jika ia telah mengeluarkan zakat Fithrah di tempat ia bekerja (tempat perantauan) kemudian ia pulang ke kampung halamannya dan menjumpai maghribnya malam lebaran di kampung halaman maka menurut sebagian Ulama' ia tidak perlu lagi mengeluarkan zakat Fithrah , sedangkan menurut sebagian Ulama' yang lain ia tetap di wajibkan mengeluarkan zakat Fithrah lagi , dan untuk kehati hatian agar keluar dari khilaf Ulama' sebaiknya tetap mengeluarkan zakat Fithrah lagi di kampung halaman tersebut.

Jadi , Tempat wajibnya kita mengeluarkan zakat itu tergantung tempat keberadaan kita di akhir romadhon (maghribnya malam lebaran).

 Referensi :

 غاية تلخيص المراد من فتاوى ابن زياد : ج١  ص٤٣
(مسألة) : تجب زكاة الفطر في الموضع الذي كان الشخص فيه عند الغروب، فيصرفها لمن كان هناك من المستحقين، وإلا نقلها إلى أقرب موضع إلى ذلك المكان، ولا يجزئه المعجل لو كان قد عجلها والحالة هذه بل يخرج ثانياً

فتح العلام : ج١ ص٣٠٣ 
المراد بالبلد المحل الذى يكون فيه وقت الوجوب بلدا كان أو غيره، فمن غربت عليه شمس أخر يوم من رمضان بمحل وجب عليه أن يخرج فطرته من غالب قوت ذلك المحل ويلزمه صرفها لمستحقيه لأن نقل الزكاة لا يجوز لغير الحاكم على المعتمد ، نعم لو عجلها بمحل ثم سافر لأخر فغربت عليه شمس فيه أخر يوم من رمضان أجزأت ولا يلزمه أن يخرجها فى الأخر ثانيا كما نقله الحفنى عن الشبراملسى.

حاشية الجمل : ج٢  ص٢٩٧
وهل يجرى ذلك فى البدن فى الفطرة حتى لو عجل الفطرة ثم كان عند الوجوب فى بلد أخر أجزأ أو لا ولا بد من الإخراج ثانيا إذا كان عند الوجوب ببلد أخر، فيه نظر إهـ. سم على حج والأقرب الأول للعلة المذكورة

حاشية الترمسي : ج٥  ص٣٢٧
ويجري ذالك فى الفطرة فلو عجلها ثم كان عند الوجوب فى بلد لم يجزئ على معتمد الشارح واجزأ على معتمد الرملي تأمل

Kwanyar , 20 Romadhon 1443 H

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemasrahan Mempelai Putra Bahasa Madura

Teks Bintang Pelajar

Rahasia Waktu Kelahiran (Ilmu Falak)